Johann Wolfgang Döbereiner

Johann Wolfgang Döbereiner (13 Desember 1780 - 24 Maret 1849) adalah seorang kimiawan Jerman yang paling dikenal untuk pekerjaan yang diramalkan hukum periodik untuk unsur-unsur kimia.


Kehidupan dan karya
Sebagai anak kusir itu, Döbereiner memiliki sedikit kesempatan untuk sekolah formal, dan jadi ia magang untuk apotek, membaca secara luas, dan ilmu kuliah. Dia akhirnya menjadi profesor di Universitas Jena pada tahun 1810. Dalam pekerjaan awal tahun 1817, Döbereiner menemukan tren dalam properti tertentu dari kelompok yang dipilih dari elemen. Misalnya, massa atom rata-rata lithium dan kalium dekat dengan massa atom natrium. Pola serupa ditemukan dengan kalsium, strontium, dan barium, dengan sulfur, selenium, dan telurium, dan juga dengan klorin, bromin, dan iodin. Selain itu, kepadatan untuk beberapa triad mengikuti pola yang sama. Ini set elemen menjadi dikenal sebagai "triad Döbereiner's".

Döbereiner juga dikenal untuk penemuan furfural, untuk karyanya pada penggunaan platina sebagai katalisator, dan untuk ringan, yang dikenal sebagai lampu Döbereiner's.

Penulis Jerman Goethe teman Döbereiner, mengikuti ceramah mingguan, dan menggunakan teorinya tentang afinitas kimia sebagai dasar untuk afinitas elektif yang terkenal novel 1809.
print this page Print

No comments:

Post a Comment